Manfaat fisik dan mental yang akan didapat setelah bermain tenis lapangan

Manfaat fisik dan mental yang akan didapat setelah bermain tenis lapangan

3 minutes, 18 seconds Read

Tentang fisik dan mental

Menjaga kesehatan fisik sangat penting bagi tubuh Anda. Tenis lapangan adalah salah satu olahraga yang membantu dalam menjaga kesehatan fisik dan menguatkan fisik Anda. Olahraga satu ini sangat digemari banyak orang. Olahraga ini dapat dilakukan oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Beberapa manfaat melakukan olahraga tenis lapangan antara lain manfaat fisik dan manfaat mental.

Manfaat Fisik :

1. Dukungan Kesehatan Kardiovaskular

Segala jenis aktivitas aerobik memperkuat jantung. Bermain tenis contohnya, melompat untuk ayunan raket yang sempurna, berlari di lintasan, dan mengejar bola merupakan beberapa aktivitas yang meningkatkan detak jantung Anda saat bermain tenis. Saat detak jantung Anda meningkat, pernapasan Anda menjadi lebih dalam dan lebih cepat, dan aliran oksigen dan darah ke seluruh tubuh Anda meningkat, yang semuanya berkontribusi untuk memperkuat sistem kardiovaskular Anda.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berpartisipasi dalam latihan aerobik melalui tenis tidak hanya melindungi jantung Anda, tetapi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, tergantung pada berat badan dan intensitas permainan Anda, bermain tenis dapat membakar ratusan kalori per jam. Kombinasikan aktivitas ini dengan diet sehat untuk menjaga berat badan yang sehat.

3. Peningkatan kebebasan bergerak

Saat bermain tenis, Anda perlu menggunakan ayunan penuh dan peregangan untuk mencapai bola, yang sangat bagus untuk meningkatkan jangkauan gerak. Tentu saja, Anda dapat meregangkan terlalu banyak dan dapat mengakibatkan cedera, tetapi tenis secara keseluruhan adalah olahraga hebat yang secara alami meningkatkan jangkauan gerak di pinggul, siku, bahu, dan lutut Anda jika dimainkan dengan teknik yang solid.

4. Kekuatan otot

Salah satu manfaat utama bermain tenis yang lebih diremehkan tetapi tetap adalah manfaat pengencangan otot dan kekuatan yang Anda dapatkan darinya. Tentu saja, tenis merupakan olahraga ketahanan, tetapi juga membantu membangun otot di kaki, punggung, bahu, dan lengan.

Membangun kekuatan inti juga merupakan olahraga yang bagus karena ada begitu banyak putaran dan perubahan arah yang terlibat.

Manfaat Mental:

1. Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Jika ada satu aspek kunci dari sisi mental tenis, tenis adalah permainan pemecahan masalah. Banyak olahraga lain yang tidak perlu menyelesaikan masalah sebanyak tenis. Hampir setiap tembakan yang Anda lempar adalah reaksi terhadap apa yang lawan Anda lemparkan kepada Anda.

Sangat mudah untuk merusak diri sendiri saat bermain tenis jika Anda membiarkan harapan dan ego menguasai Anda. Cukup memainkan bola yang ada di depan Anda adalah cara termudah untuk mendekati permainan, bersama dengan mengambil setiap poin pada satu waktu.

Karena itu, jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan dan Anda harus selalu memiliki beberapa bentuk strategi saat bermain pertandingan tenis.

Bahkan jika itu sesederhana bermain ke backhand lawan Anda sebanyak mungkin, atau bertujuan untuk memukul bola sebanyak mungkin melintasi lapangan, penting untuk memiliki rencana serangan jika Anda ingin sukses di lapangan.

2. Sosialisasi dan Rasa Komunitas

Di sisi lain, bermain tenis juga merupakan cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan yang terpenting, bersenang-senanglah. Anda dapat menikmati permainan dengan teman dan keluarga, bergabung dengan klub tenis lokal atau bertemu orang baru di kamp liburan, bermain tenis adalah keterampilan hidup yang hebat yang dapat membantu Anda bersosialisasi.

Selain itu, bermain ganda dan menjadi bagian dari lingkungan tim adalah cara yang bagus untuk berbagi semangat kompetitif dengan orang lain yang berpikiran sama, lebih lanjut menambah kenikmatan olahraga.

3. Meningkatkan Fokus dan Kontrol Diri

Manfaat mental utama lainnya dari bermain tenis adalah memaksa Anda untuk memikirkan diri sendiri dan memahami apa yang dapat dan tidak dapat Anda kendalikan. Ini adalah keterampilan yang sangat penting karena dapat dengan mudah terjebak dalam hal-hal yang berada di luar lingkup pengaruh kita. Namun, meskipun Anda mungkin perlu beradaptasi dengan lawan yang berbeda setiap kali Anda bermain, tidak ada gunanya mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendali Anda saat bermain tenis. Menghargai ketika lawan Anda melakukan pukulan yang bagus daripada menyalahkan diri sendiri karena tidak memukul bola dengan cukup baik, menerima bahwa Anda akan kehilangan banyak poin bahkan dalam kemenangan langsung di atas kertas dan memahami bahwa tidak ada yang pernah benar-benar ‘menyelesaikan’ tenis adalah semua hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan tekanan dari diri sendiri, fokus pada apa yang sebenarnya dapat Anda kendalikan dan sesuaikan harapan Anda.